Gempa M 7 Guncang Kepulauan Mariana, Tak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Jakarta – Gempa dengan magnitudo 7 mengguncang Kepulauan Mariana di Samudra Pasifik. Gempa tidak berpotensi tsunami di Indonesia.
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menyampaikan gempa terjadi pukul 16.05 WIB dengan kedalaman 19 km. Titik koordinat gempa berada di 19,97 derajat Lintang Utara dan 145,68 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 735 km arah Utara Guam.

“Gempa bumi ini tidak berdampak makroseismik karena lokasi gempa jauh dari daratan. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia,” ujar Daryono, dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Daryono menyampaikan gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut (submarine faulting) dalam Lempeng Laut Filipina (intraplate earthquake). Hasil analisis BMKG, gempa memiliki mekanisme pergerakan menurun-geser (oblique normal-fault).

“Hingga pukul 17.01 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 5,4,” ucap Daryono. https://repositoryku.com

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*