Tiktoker Ini Ungkap Asal Ringtone Ikonik Nokia Berasal

Jakarta – Tahukah kamu bahwa nada dering Nokia yang terkenal itu sebenarnya berasal dari sebuah lagu klasik yang dibuat lebih dari 100 tahun yang lalu? Seorang pengguna TikTok bernama @jarredjermaine baru-baru ini mengungkapkan fakta menarik ini dalam video viralnya.
Dalam video tersebut, ia menunjukkan perbandingan ringtone dari HP Nokia 3310 dengan suara petikan gitar Gran Vals dari Francisco Tarrega. Netizen pun kaget mendapati fakta tersebut.

“Tidak pernah menyadari bahwa itu didasarkan pada karya asli,” ujar akun @nisa_dani dalam kolom komentar.

“syukurlah orang ini menunjukkan aslinya kalau tidak kita tidak akan pernah tahu siapa yang membuat penemuan ini!” kata akun @chriskogos.

Asal Muasal
Ada sebuah buku yang mengungkap asal muasal ringtone Nokia. Buku tersbeut berjudul “The Story of Nokia Tune” ditulis oleh Ian Livingstone, seorang komposer yang pernah bekerja untuk Nokia.

Ia menjelaskan bahwa nada dering Nokia adalah bagian dari sebuah lagu yang berjudul “Gran Vals” yang diciptakan oleh Francisco Tárrega, seorang gitaris Spanyol yang hidup pada akhir abad ke-19.

Lagu “Gran Vals” sendiri adalah sebuah waltz yang memiliki tempo cepat dan melodis. Bagian yang dipilih oleh Nokia sebagai nada deringnya adalah bagian yang paling mudah diingat dan paling menarik dari lagu tersebut.

Nokia menggunakan Gran Vals sebagai musik latar untuk iklan Nokia 1011 pada 1992. Setahun berselang, penggalan dari lagu tersebut dijadikan Nokia Tune.

Nada dering itu pertama kali muncul pada tahun 1994 di ponsel Nokia 2110. Kala itu namanya masih “Type 7”.

Nama “Nokia Tune” baru diperkenalkan pada tahun 1999. Ini menjadi ciri khas dari merek ponsel Finlandia tersebut dan menjadi ikon hingga kini.

Nokia Tune memang telah menjadi bagian dari sejarah dan budaya populer di dunia. Nada dering ini telah digunakan oleh jutaan orang di berbagai negara dan generasi.

Nada dering ini juga telah menjadi inspirasi bagi banyak karya seni, seperti musik, film, dan game. Nokia Tune bahkan pernah dimainkan oleh orkestra simfoni dan band rock. https://sisipkan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*