Proyek BTS 4G Kominfo Selesai, Besok Dibuktikan di Ujung RI

Manado, CNBC Indonesia – BTS 4G di Desa Bowombaru Utara, Talaud, Sulawesi Utara, akan diresmikan besok Kamis (28/12/2023). Peresmian ini menjadi tanda rampungnya proyek BTS 4G Kominfo di berbagai titik di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Acara peresmian pengoperasian BTS 4G di Talaud akan dihadiri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dan Dirut Bakti Kominfo Fadhilah Mathar.

Budi sebelumnya mengatakan sebanyak 4.988 BTS dari total target 5.618 BTS telah beroperasi penuh hingga Desember 2023.

Sisanya sebanyak 630 BTS akan dikebut dengan memperhatikan kondisi dan tantangan yang ada di lapangan. Misalnya terkait keamanan, faktor geografi yang sulit dijangkau, dan sebagainya.

Budi mengatakan Kominfo terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah untuk menemukan solusi penyelesaian pembangunan di daerah 3T.

Bersamaan dengan peresmian pengoperasian BTS 4G di Talaud, Bakti Kominfo juga menggelar seremoni pengoperasian Satria-1.

Proyek satelit tersebut diluncurkan ke luar angkasa dari Kennedy Space Center, Florida, AS, pada Juni 2023 lalu.

Satria-1 secara bertahap menduduki orbit 146 derajat Bujur Timur di atas langit Papua pada Oktober 2023. Selanjurnya, Satria-1 ditargetkan mulai beroperasi pada awal 2024 mendatang, usai melewati serangkaian pengujian.

Hanya dalam beberapa bulan, Menkominfo Budi Arie berhasil menyelesaikan proyek BTS 4G Kominfo yang sempat terkendala permasalahan kasus korupsi.

Dari ribuan BTS yang dibangun di penjuru Indonesia, hanya beberapa titik yang mustahil diselesaikan karena kondisi kahar terutama di beberapa titik terpencil di wilayah pulau Papua. https://makcauhai.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*