Zelensky Beri Putin Kado Natal: Ukraina Serang Kapal Rusia

Jakarta, CNBC Indonesia РPemerintah Rusia mengeklaim Ukraina telah meluncurkan serangan terhadap pelabuhan Feodosia di Krimea, Selasa (26/12/2023). Serangan merusak sebuah kapal pendarat besar Rusia dan menewaskan satu orang.

Kementerian Pertahanan Rusia yang dikutip oleh kantor berita Interfax mengatakan bahwa Ukraina telah menggunakan rudal yang diluncurkan dari udara untuk menyerang Feodosia dan kapal pendarat besar ‘Novocherkassk’ telah rusak dalam serangan itu.

‘Novocherkassk’, yang dibangun di Polandia dan mulai beroperasi pada akhir tahun 1980an. Ia dirancang untuk pendaratan amfibi dan dapat membawa berbagai jenis kendaraan lapis baja, termasuk tank.

Rekaman yang diunggah di beberapa outlet berita Rusia di aplikasi pesan Telegram, yang konon berasal dari pelabuhan, menunjukkan ledakan dahsyat meledak dan api berkobar.

Sergei Aksyonov, Gubernur Krimea yang dilantik Rusia, mengatakan melalui aplikasi pesan Telegram bahwa satu orang tewas, dua terluka dan enam orang dievakuasi dari rumah mereka.

Di sisi lain, Ukraina mengatakan pilotnya telah menyerang Feodosia sekitar pukul 02.30 dengan rudal jelajah. Kyiv mengakui serangan itu menghancurkan ‘Novocherkassk’.

“Dan armada di Rusia semakin kecil! Terima kasih kepada pilot Angkatan Udara dan semua orang yang terlibat atas kerja kerasnya!” kata komandan angkatan udara Ukraina, Mykola Oleshchuk, melalui Telegram.

Sebuah pernyataan dari pemerintahan Krimea yang dibentuk oleh Rusia mengatakan bahwa kereta api tidak beroperasi dari Feodosia dan menyarankan masyarakat untuk menggunakan stasiun alternatif terdekat.

Feodosia, yang berpenduduk sekitar 69.000 orang, terletak di pantai selatan Semenanjung Krimea. Sementara itu, Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada tahun 2014 dalam sebuah tindakan yang dikutuk Kyiv dan Barat sebagai penyitaan ilegal. https://pembangkitkuku.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*